Cara Merekam Layar Android Dengan Kualitas Video HD Tanpa Root

Cara Merekam Layar Android Dengan Kualitas Video HDSeperti yang kalian tahu bahwa sistem Android sudah secara default terdapat fitur screen capture atau screenshot layar Android dengan menekan beberapa kombinasi tombol fisik seperti tombol power dan volume down. Cara pengambilan screenshot berbeda-beda setiap device. Namun bagaimana cara merekam layar Android dengan kualitas HD? Tentu hal ini dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena pada defaultnya Android belum menanamkan fitur ini pada sistem mereka. Inilah unik dan kerennya smartphone saat ini.


Cara Merekam Layar Android Dengan Kualitas Video HD Tanpa Root

Aplikasi pihak ke tiga tersebut bisa anda dapatkan di Playstore dengan berbagai macam pilihan aplikasi, namun yang perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi tersebut mendukung kualitas HD pada saat anda merekam aktifitas layar Android anda.

Disini saya akan merekomendasikan sebuah aplikasi untuk merekam aktifitas layar ponsel Android dengan kualitas tinggi (DH). Sehingga hasil rekaman layar Android tidak pecah ketika di putar melalui video palyer. Aplikasi untuk merekam aktifitas layar Android menjadi video HD adalah SCR Screen Recorder.

SCR Screen Recorder memiliki ukuran file yang sangat kecil hanya 764KB sehingga sangat ringan tidak lag ketika dijalankan untuk menangkap aktifitas layar perangkat. Selain itu, aplikasi ini bisa berjalan pada semua Android ICS, Jelly Bean, KitKat serta Lollipop. Untuk Android Mrshmallow saya sendiri belum mencobanya.

Baca Juga: Kumpulan Custom ROM Oppo Find 5 Mini Terbaik

Tetapi sepertinya aplikasi ini membutuhkan akses root untuk bisa berjalan secara optimal. Namun pada update terbarunya yaitu versi 0.13 saya melihat bahwa aplikasi SCR sudah bisa di jalankan tanpa root pada Android Lollipop. Tetapi sayangnya versi tanpa root ini hanya bisa berjalan pada Android Lollipop. Untuk informasi selengkapnya, anda bisa mengunjungi official tharead-nya di XDA Developer.

Cara Merekam Layar Android Menjadi Video Dengan SCR Screen Recorder Kualitas HD


  • Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi SCR melalui thread-nya di XDA Developer. Cari versi yang terbaru.
  • Selanjutnya install pada perangkat anda, kemudian jalankan. Jika SuperSu meminta ijin akses root, pilih "Ijinkan".
  • Aplikasi ini hanya memiliki tampilan antar muka pengguna yang sangat simpel, yaitu hanya tiga tombol berbentuk widget.
  • Untuk memulai merekam layar Android, tekan pada tombol widget yang sebelah kiri. Maka secara otomatis aplikasi ini akan memulai melakukan rekaman terhadap layar perangkat.
  • Jika anda ingin menyesuaikan kualitas video-nya, anda bisa memilih tombol widget bagian tengah. Pada pengatruran anda bisa menyesuaikan audio dan ukuran video yang akan di rekam.
  • Untuk menghentikan rekaman bisa melalui notofikasi bar smartphone anda. 
  • Jika sudah selesai merekam, maka hasil rekaman anda akan secara otomatis tersimpan di memori internal smartphone anda.
Untuk mengetahui infonmasi lengkap mengenai aplikasi SCR Screen Recorder anda bisa langsung mengunjungi threadnya di XDA Developer. Sekian dulu ulasan Cara Merekam Layar Android Dengan Kualitas Video HD pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda. Thanks.

0 Response to "Cara Merekam Layar Android Dengan Kualitas Video HD Tanpa Root"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel