Pengertian Apa Itu Custom ROM Pada Android

Pengertian Apa Itu Custom ROM Pada Android - Bagi pengguna Android yang suka oprek Androidnya mulai dari ROOT dan sebagainya pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat Custom ROM. Banyak pengguna awam tentang Android tentang pengertian dan penjelasan Custom ROM di Android. Maka dari itu Android Vroh berinisiatif memberikan informasi mengenai apa yang dimaksud dengan Custom ROM.


Custom ROM adalah file system firmware perangkat baik berupa handphone, tablet maupun PC yang OS nya sudah di kostumisasi oleh developer pihak ke 3 dengan tujuan tertentu dan dengan mengubah firmware resmi-asli (Stock ROM ) bawaan vendor perangkat tersebut.

Pengertian Apa Itu Custom ROM Pada Android

Tidak terkecuali pada perangkat berbasis android, firmware pada android juga dapat dimodifikasi, oleh sebab itu dinamakan dengan android mod (android modification) atau yang lebih dikenal dengan sebutan custom ROM. Sebenarnya ROM sendiri artinya adalah Read Only Memory, tetapi ketika digunakan dalam komunitas modding android maka artinya menjadi custom OS image yang di install kedalam area ROM didalam HP.


Dalam custom ROM tentu saja anda tidak asing dengan kernel, kernel sering disebut dalam custom rom adalah jantung dr OS, kernel merupakan barebone dari komponen didalam sebuah OS. Sebuah custom ROM adalah sebuah versi OS yg berdiri sendiri, didalam custom ROM sudah termasuk kernel, apps, service, driver, etc. Semua sudah termasuk yang digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat HP, bedanya hal ini di kostumisasi oleh seorang developer (atau team) bukan dari perusahaan pembuat perangkat atau yang dikenal dengan sebutan vendor.

Custom ROM dalam kostumisasi berarti merubah, mengganti, menghilangkan sebagian ato seluruh bagian, melakukan optimalisasi, menambah, dan melakukan berbagai hal yg mereka bisa rubah dari stock ROM standart.

Semoga dengan adanya Pengertian Apa Itu Custom ROM Pada Android dapat membantu serta menambah wawasan anda mengenai seluk beluk Android.

0 Response to "Pengertian Apa Itu Custom ROM Pada Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel